Petani Rumahan : Menanam Jagung

Muqoddimah

Bismillah, alhamdulillah di hari ini selasa 12 januari 2016 M atau 2 robi’uts tsani 1437 H saya menyempatkan untuk menulis di blog ini, disela-sela multitasking, diantaranya melayani order via sms, wa, email dan bbm, antar jemput anak sekolah, jaga toko, kirim paket ke kantor pos dan JNE, dan tentunya berkebun…Sekilas info tentang usaha saya jualan benih saya, untuk 12 hari awal bulan januari ini sdh ada 234 pembeli online yg dikirim paket nya atau sekitar 20-an orang tiap hari termasuk hari libur, dan untuk toko rumah tani bualn desember 2015 ada 120-an pembeli langsung jadi rata2 4 orang pembeli langsung, dan ini adalah rizki dari allah yang patut saya syukuri alhamdulillah..Dan Terima kasih atas kepercayaan anda membeli benih di toko saya..

Jagung tentunya adalah tanaman yg tidak asing bagi kita, karena seringnya kita menemukannya, dan jenis yang banyak kita jumpai di daerah kota adalah jagung manis karena digunakan buat campuran sayur, buat gorengan dan jagung rebus. Adapun jagung biasa banyak nya di pedesaan karena digunakan untuk dijadikan makanan pokok maupun dibuat bahan baku industri. Jadi bagi kita yang tinggal di kota ataupun sub-urban tentu lebih cocok untuk menanam jagung manis. Disamping tentu umur jagung manis berkisar antara 75-90 HST (hari setelah tanam) artinya anda bisa memanen jagung, paling lama 3 bulan sudah panen ..

Saya sudah beberapa kali menanam jagung baik di tanah langsung maupun di kaleng bekas di sekitar rumah. Tapi kali ini saya akan menulis tentang menanam di polybag. Untuk ukuran yang cocok buat tanaman jagung menurut saya ukuran 40 cm x 40 cm untuk 2 biji tanaman jagung di setiap polybag.

Jpeg
Polybag ukuran 40×40

Untuk persiapan media tanam, saya biasa mencampur tanah dengan pupuk kandang. kebetulan tanah di sekitar tempat tinggal saya berupa tanah merah yg sifatnya halus dan apabila sering terkena air atau disiram akan semakin padat dan kesras sehingga susah ditembus akar tanaman. maka saya gunakan pupuk kandang berupa kotoran ayam karena terdiri dari campuran kotoran ayam dan sekam mentah. Sekam mentah memperbaiki sifat tanah merah jadi gembur dan porous, sedangkan kotoran ayam tentu memperkaya unsur hara media tanam kita.

Untuk Penanaman silahkan ditanam saja 2 biji benih jagung kedalam polybag yg sdh diisi media tanam sedalam 1 cm, jangan terlalu dalam dan juga jangan terlalu dangkal apalagi cuma ditaruh diatas tanah bisa terbawa air hujan atau dimakan binatang seperti tikus dan ayam..

Jpeg
Penanaman 2 biji benih, juga sebagai antisipasi kalau ada yang ga numbuh, yang cuma ada satu tanaman berarti hanya satu yang tumbuh dari 2 biji benih yang ditanam

Perawatan kalau ada rumput yg tumbuh tentu kita cabut, dan kalau tidak turun hujan maka perlu kita siram , untuk pemupukan untuk bulan pertama kalau daunnya tidak kuning yaitu berwarna hijau gelap berarti tanaman subur tdk usah dipupuk biar lebih organik, kl agak kuning maka berilah pupuk NPK saja cukup setengah sendok teh untuk setiap polybag . bulan kedua tanaman jagung sdh mau berbunga, kita lakukan penambahan tanah, sampai full rata dengan ujung polybag agar tanaman semakin kokoh. Dan apabila kurang hijau daunnya bisa kita beri lagi setengah sendok pupuk NPK.

 

Usia 2 bulansdh mulai berbunga
Usia 2 bulan sdh mulai berbunga

Pemanenan dilakukan sekitar usia 75-90 hari tergantung jenis varietas jagung manis yang kita tanam. Dan tentunya kita perlu cek  dengan  memegang tongkol jagungnya sudah berisi jagung belum, biasanya diujung tonggkol bisa kita sedikit buka untuk melihat jagungnya.

 

 

Iklan

4 thoughts on “Petani Rumahan : Menanam Jagung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s