Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menanam Semangka Tanpa Biji

Alhamdulillah bisa kembali menulis diblog ini, setelah beberapa bulan vakum, banyak kesibukan dan aktivitas lain cukup menyita waktu. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang budidaya semangka tanpa biji. Saya sendiri gagal dalam budidaya semangka tanpa biji ini. Apakah memang sulit budidaya semangka tanpa biji? Berikut beberapa trik semoga bermanfaat

Semangka Merah Tanpa Biji Q NO.1 Tumbuh seragam, vigor dan berdaya hasil tinggi, umur panen 45 hari setelah berbunga, kulit buah keras, berat mencapai 8-10 kg per buah. Warna daging merah menarik, warna kulit buah hijau dengan garis hitam, tingkat kemanisan 11-13 brix.
Semangka Merah Tanpa Biji Q NO.1
Tumbuh seragam, vigor dan berdaya hasil tinggi, umur panen 45 hari setelah berbunga, kulit buah keras, berat mencapai 8-10 kg per buah. Warna daging merah menarik, warna kulit buah hijau dengan garis hitam, tingkat kemanisan 11-13 brix.

Terlebih dahulu harus mengetahui beberapa sifat penting dari tanaman semangka tidak berbiji atau triploid , selanjutnya disebut TRIPLOID.

  • Benihnya sulit berkecambah secara alami, jadi harus dibantu.
  • Benihnya akan mudah busuk/mati kalau direndam.
  • Serbuk sari/pollen kurang fertil, susah membuahi bunga betina.
  • Tidak mempunyai hormon bunga pengundang serangga penyerbuk.
  • Putik cepat layu, kesempatan penyerbukan tidak lebih/lewat tengah hari dari pagi.

Untuk mendapatkan buah yang diidam-idamkan bilamana menanam semangka TRIPLOID pada waktu itu harus juga ada tanaman pejantan sumber serbuk sari, pohon tersebut selanjutnya disebut POLLENATOR. Jumlah POLLENATOR  cukup 10 %  saja dari total tanaman TRIPLOID. Selain itu masih ada perlakuan khusus yang harus dilakukan:

Pertama: Pengecambahan

Caranya: Bilas/cuci dulu biji yang sudah disucihamakan, masukkan keruang belakang poros gunting kuku dengan posisi tidur miring, kemudian jepit sampai terdengar bunyi “tik”, berarti kulit biji sudah retak, lanjutkan kegiatan ini sampai retakan mencapai ½ atau 2/3 bagian, ini sangat membantu cangkang lepas dari keeping daun. Penjepitan harus hati-hati jangan sampai merusak daging atau lembaga.

Kedua: Penyerbukan

Caranya: Pada saat pentil bunga betina dari pohon TRIPLOID yang dipilih sudah tumbuh dan diperkirakan besok pagi akan mekar, maka sore harinya petiklah pentil bunga jantan berikut tangkainya dari POLLENATOR, bunga tersebut harus mekar besok paginya. Tempatkan dalam wadah yang sudah dialasi bantalan kertas basah, taruh ditempat yang tidak dingin, besok pagi-pagi bunga itu mekar, segera bawa ke dekat bunga betina, bukalah  kelopak bunga jantan seperti kita membuka kulit pisang dan jepit kelopak tadipada tangkai bunga dengan jari tangan. Serbuk sarinya tetalkan hingga menempel pada putik bunga secara merata kepinggir-pinggirnya, hati-hati jangan sampai menimbulkan luka, apabila luka akan berakibat pentil buah rontok. Juga penyerbukan yang tidak merata berakibat buah panjul. Pekerjaan ini harus sudah selesai maksimal pukul 10-11 siang. Apabila POLLENATOR mau dipelihara sebaiknya jenisnya berbeda bentuknya  dengan semangka TRIPLOID agar mudah memisahkannya pada waktu panen.

Iklan

2 thoughts on “Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menanam Semangka Tanpa Biji

  1. Wah alhamdulillah sudah 3 hari kiriman bibit ke jogja akhirnya sampai juga. Rapi dan lengkap. Terimakasih banyak 🙂 . lain kali kalau mau pesen lagi jadi mantap dan tidak ragu. Semoga sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s