10 Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Berkebun:

Aktivitas berkebun (gardening) adalah hobby yang terus berkembang terutama di kota. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam berkebun, namun pada kesempatan ini saya menyebutkan 10 saja dan tentunya masih banyak yang lainya. Penyebutan hal-hal tersebut bukan menunjukkan bahwa aktivitas berkebun itu susah dan ribet namun dalam rangka berbagi dan memotivasi saja.

1. Jangan Tergesa-gesa mengharapkan hasil yang maksimal.

1.

Ketika kita hendak berkebun jangan lah membayangkan hasil panennya seperti yang ada di gambar kemasan benih, atau seperti yang ada di supermarket. Produk yang ada di gambar, kemasan benih maupun supermarket adalah hasil sortiran dan diambil yang bagus-bagus saja. Sebagian kita adalah pemula dan amatir dalam berkebun, dengan keterbatasan sumberdaya dan perawatan tentunya kita hanya bisa berusaha,. Ketika bisa dipanen saja hendaknya kita bergembira dan jangan terlalu kecewa meski hasilnya minimal.

2. Tanamlah tanaman yang mudah ditanam.

2.

Sebagai sebuah hobby tidak ada salahnya kita menanam tanaman yang susah penanganannya dan itu merupakan sebuah tantangan yang mengasikkan meskipun gagal. Namun bagi pemula tentunya ini bisa menimbulkan frustasi , putus asa dan patah arang. Keberhasilan menanam akan menimbulkan motivasi untuk mencoba berkebun tanaman lainnya. Diantara tanaman yang mudah ditanaman adalah kangkung, bayam dan caisim.

3. Tanamlah tanaman yang sesuai dengan tempat kita.

3.

Tidak ada salahnya juga menanam apa saja toh ini sebuah hobby, namun jangan sampai kita kecewa kalau tanaman kitahasilnya minimal tidak sebesar yang ada dipasaran atau bahkan  tidak bisa dipanen. Karena tanaman itu ada yang  hanya cocok didataran rendah atau menengah dan dataran tinggi. Ada juga tanaman yang cocok untuk daerah subtropis tapi tidak cocok untuk daerah tropis. Begitu pun sebaliknya.

4. Tanamlah tanaman yang kita banyak konsumsi

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Misalkan kita suka dan sering mengkonsumsi tomat, maka cobalah menanam tomat sehingga tomat yang kita konsumsi adalah hasil panen dari kebun kita. Selain bisa menghemat uang belanja juga kita mendapatkan tomat yang lebih organik dan alami. Karena penggunaan pestisida oleh para petani seringnya tidak menggunakan dosis yang dianjurkan, yang penting hama musnah dan hasil tanaman mulus sehingga hasil panen melimpah.

5. Tanamlah tanaman yang susah kita dapatkan

5.

Sebagian jenis tanaman susah kita dapatkan misalkan hanya ada di pasar modern saja, padahal kita suka dan memerlukan tanaman tersebut. Tidak ada salahnya tanaman tersebut kita tanam sendiri di kebun kita seperti contohnya tanaman asal  luar negrri seperti mint, oregano, basil, lobak  bit merah ataupun tanaman local seperti kecipir, leunca, kemangi  dan kenikir. Tetapi itupun  masih  relatif, mungkin di satu  tempat tertentu susah mendapatkannya namun ditempat lain malah mudah di dapat

6. Kegagalan kita bukan lah kesia-siaan.

6.

Ketika kita mengalami gagal panen. Maka sesungguhnya usaha kita tidak lah sia-sia. Tanaman kita yang dimakan oleh hama, ulat, atau pun kambing tetangga atau pun di ambil anak-anak atau pencuri maka ikhlaskan saja, anggap sebagai sedekah kepada sesama mahluk Allah. Itu sikap kita terhadap hal yang telah berlalu. Namun tentunya kita untuk hal yang akan datang harus lebih preventif lagi dalam menjaga tanaman kita. Begitupun tanaman kita yang layu tentunya akan mati dan membusuk menjadi kompos dan bermanfaat buat tanaman berikutnya.

7. Berlajar Tawakkal.

Colorful vegetables and fruits

Tawakkal sudah menjadi barang yang langka di zaman ini. Kebanyakan orang lebih menyandarkan urusannya kepada jabatan, pekerjaan, ijazah dan ilmu yang dimilikinya. Padahal penentu kesuksesan adalah Allah. Dengan berkebun anda bisa berlajar bertawakkal kepada Allah. Ketika kita sudah bersusah payah atau pun bersusah senang berkebun, dengan berbagai perawatan dan perlakuan yang istimewa terhadap tanaman kita, maka hasilnya kita serahkan kepada Allah. Boleh jadi tanaman yang siangnya subur, buah yang siangnya ranum dan matang atau pun bunga yang siangnya mulai merekah pada malah harinya Allah tidak menjaganya dan dibiarkan rusak sehingga pada pagi harinya kita tercengang, dan memukul kan telapak tangan ke jidat dan termasuk orang yang menyesal.  Bagi orang yang bertawakkal maka kejadian apa pun yang terjadi  pada tanamannya sudah diserahkan kepada Allah. Sehingga dia bersyukur kalau bisa panen dan bersabar kalau gagal panen.

8. Panen adalah klimaks.

8.

Setiap aktivitas  ada puncaknya yang ditandai adanya efek kepuasan dan kebahagian bagi para pelakunya. Dan puncak dari berkebun adalah memanen hasil tanaman yang tersebut. Semakin bagus hasil tanaman yang dipanen maka semakin  tinggi puncak kebahagian yang kita tapaki. Maka dakilah untuk mencapai puncak (klimaks) tertinggi dengan berbagai kreasi, inovasi dan variasi dalam berkebun.

9. Memakan hasil tangan sendiri lebih baik.

9

Sebaik-baik profesi  adalah yang dilakukan dengan tangan sendiri. Diantara hikmahnya adalah karena sudah jelas prosesnya. Perhatikan tanaman yang kita tanam, prosesnya jelas dari mulai mengolah tanah, menabur benih, menanam, merawat sampai pemanenan. Sehingga kita ketika hendak memakannya tentu sudah tahu dengan jelas kualitas dan kehalalannya. Berbeda dengan dengan usaha lainnya prosesnya sebagian ada yang halal, ada yang syubhat dan ada yang haram karena adanya penipuan dan kezhaliman terhadap orang lain.

10. Aktivitas  yang menyehatkan.

10.

Aktivitas berkebun seperti mengolah tanah, mengangkat pot, mencabut rumput, mengangkat air ketika menyiram, sedikit berjemur diterik matahari,  tentunya menyehatkan fisik kita. Bisa membakar lemak kita. Dan menggerakkan semua anggota badan kita.

Demikian Semoga Bermanfaat

Iklan

9 thoughts on “10 Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Berkebun:

  1. wah, bener yg nomor 1. saya sendiri suka mengkhayal2 hasil panen bisa Wah 😀
    btw, benih yg saya pesan dari sini sudah pada tumbuh. caisimnya cepet banget bertunas, pagi disebar sore udah mencuat tunas2 kecil 🙂

  2. tahunya tanaman ini biasa tumbuh di daerah tinggi atau rendah atau butuh sinar matahari langsung atau harus teduh gimana ya? sy pernah punya tanaman jambu langka yg mati krn saya salah menempatkan posisinya langsung terpapar matahari akibat ketidaktahuan saya. terimakasih

  3. Bagus banget yaa…saya juga mulai hobi berkebun. Dibelakang rumah sy punya halaman mungil yg sy ks piranet. Sy tanam strawberry, bit, bokoli, ‎​Ųϑãђ bersemai…tp blm dipanen…makasih banget infonya.

  4. Betul betul betul……… !
    Jadi lebih semangat bertanam. Alhamdulillah saya dikaruniai Allah tangan yg ‘dingin’ apapun yg ditanam Insya Allah tumbuh. Ada usul sedikit nih pak Sugeng, gimana klo disertakan informasi di setiap jenis tanaman cocoknya ditanam di daerah mana ? Misal dataran tinggi, dataran rendah, dll. Trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s