Menanam Lobak Putih

Bismillahirrahmanirrahim

Kali ini saya akan berbagi pengalaman menanam lobak putih di halaman rumah. Saya menggunakan benih yang ada pada gambar dibawah ini:

Benih Yang Digunakan
Benih Yang Digunakan

 

Media tanam yang saya gunakan adalah tanah dicampur dengan pupuk kandang,yang dimasukan kedalam sebuah pot plastik kecil setinggi 20 cm.

Pada Awal Juni saya tebar 3 buah biji lobak putih ke dalam pot. Pot yang saya gunakan agak kecil. Setelah seminggu alhamdulillah tumbuh 3 tanaman dalam pot tersebut:

Tanaman lobak putih usia sepuluh hari
Tanaman lobak putih usia sepuluh hari

Setelah satu bulan dalam satu pot kita sisakan hanya satu tanaman, karena potnya kecil untuk menghindari persaingan sesama tanaman lobak putih 😀

Tanaman Lobak Putih Usia Satu Bulan
Tanaman Lobak Putih Usia Satu Bulan

Pertumbuhan pada awal tanam sampai umur 50 hari, agak lamban, tanaman belum rimbun

Usia 50 hari
Usia 50-an hari

Setelah memasuki hari ke-60 an tanaman lobak mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, daun tanaman tumbuh dengan cepat sehingga mulai rimbun

Tanaman usia 60-an hari
Tanaman usia 60-an hari

Ketika pertumbuhan yang cepat tersebut juga terjadi pembentukan umbi pada pangkal tanaman sehingga pada usia 70-an hari sudak terlihat umbi pada bagian bawah tanaman.

Usia 70-an hari
Usia 70-an hari

Dan pada usia 80-an hari tanaman saya panen

Usia 80-an hari
Usia 80-an hari

Setelah dicabut ternyata lumayan umbi sudah ada, meskipun panjangnya hanya 20-an cm. Ini salah satunya disebabkan ukuran pot yang kecil dan pendek, hanya setinggi 20 cm.

Umbi Lobak Putih Setelah dicabut dari potnya
Umbi Lobak Putih Setelah dicabut dari potnya

Pada kemasan benih tercantum usia panen 60 hari dan panjang umbi 35-40 cm. Sedang realisasinya saya menanam sampai usia 80 hari dan panjang umbi sekitar 20-an cm.

Kesimpulan yang saya dapat:

1. Budidaya tanaman lobak putih ini mudah. Saya hanya menebar biji kedalam pot yang telah di isi tanah dan pupuk kandang saja. Kemudian disiram secara rutin dan tanaman bisa tumbuh sampai bisa dipanen.

2. Hama untuk tanaman ini hampir bisa dikatakan tidak ada,sehingga tidak ada gangguan dalam pertumbuhannya. Sehingga tidak perlu diberikan pemberian pestisida.

3. Pot atau polibag yang digunakan sebaiknya dalam setingga lebih dari 30 cm, ini diperlukan agar pertumbuhan umbi tidak terbatas ke bagian bawah karena memang panjang umbi lobak putih sekitar 30-an cm.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s